Jumat, 31 Desember 2010

materi faforit

Bimbingan Konseling adalah layanan/bantuan yang diberikan kepada peserta didik baik perorangan atau kelompok agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal dalam bidang Pribadi,Sosial,Belajar,Karir,Keluarga dan Keagamaan melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung berdasarkan norma-norma yang berlaku.
Dari pengertian diatas, maka hal -hal pokok dalam Bimbingan Konseling adalah:
-Bimbingan Konseling adalah kegiatan layanan/bantuan.
-Pelayanan dilakukan terhadap perorangan maupun kelompok.
-Kegiatan Layanan Bimbingan Konseling memiliki arah membantu peserta didik dapat menjalani kehidupan sehari-hari sehingga ia berkembang secara optimal.
-Bimbingan berupa Pribadi,Sosial,Belajar,Karir,Keluarga dan Keberagamaan.
-Pelayanan dilakukan Berdasarkan Satuan Layanan dan Kegiatan Pendukung.
-Pelayanan didasarkan pada norma-norma yg berlaku.

Kamis, 30 Desember 2010

contoh rpp


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)  IPA FISIKA
MGMP SEKOLAH  SMP

Sekolah            : SMP
Kelas                : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : IPA FISIKA

Standar Kompetensi
5.      Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
5.1    Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya, dan pengaruhnya pada    suatu benda yang dikenai gaya.
Indikator
Membedakan gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Mengukur gaya suatu benda.  Melukiskan penjumlahan gaya dan selisih gaya-gaya segaris baik yang searah maupun berlawanan. Mengidentifikasi syarat terjadinya keseimbangan.

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
  1. Menjelaskan pengertian gaya.
  2. Menyebutkan macam-macam gaya.
  3. Membedakan gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
  4. Menyebutkan beberapa contoh gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
  5. Mengamati perubahan yang ditimbulkan gaya.
  6. Menuliskan diagram vektor untuk menggambarkan gaya.
  7. Menjelaskan pengertian resultan gaya.
  8. Menentukan resultan gaya-gaya yang searah.
  9. Menentukan resultan gaya-gaya yang berlawanan arah.
  10. Menentukan resultan gaya berbentuk sudut.
  11. Menjelaskan pengertian keseimbangan.
  12. Menjelaskan syarat terjadinya keseimbangan.

B.     Materi Pembelajaran
Gaya

C.    Metode Pembelajaran
1.      Model        : Direct Instruction (DI)  dan  Cooperative Learning
2.      Metode      : Diskusi kelompok, Eksperimen. Observasi dan Ceramah

D.    Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA 
  1. Kegiatan Pendahuluan
a.       Motivasi dan Apersepsi:     
-       Sebutkan macam-macam gaya    
-       Dapatkah gaya diukur? Jika dapat, bagaimana cara mengukurnya?
b.      Prasyarat pengetahuan:    
-       Apakah yang dimaksud dengan gaya?    
-       Alat apakah yang digunakan untuk mengukur gaya?
c.       Pra eksperimen:    
-       Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
  1. Kegiatan Inti
a.       Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
b.      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gaya.
c.       Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan macam-macam gaya.
d.      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
e.       Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
f.       Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
g.      Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
h.      Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah balon yang telah ditiup, sebuah gelang karet, dan sebuah bola.
i.        Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati perubahan yang ditimbulkan gaya (Kegiatan 1.1 h.2).
j.        Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
k.      Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l.        Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
m.    Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
n.      Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
o.      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara mengukur gaya dengan menggunakan neraca pegas.
p.      Peserta didik memperhatikan diagram vektor untuk menggambarkan gaya yang disampaikan oleh guru.
  1. Kegiatan Penutup
a.       Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yangh memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
b.      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
c.       Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA
  1. Kegiatan Pendahuluan
a.       Motivasi dan Apersepsi:
-       Bagaimana menentukan resultan gaya-gaya yang berlawanan arah?
b.      Prasyarat pengetahuan:
-       Apakah yang dimaksud dengan resultan gaya?
c.       Pra eksperimen:   
-       Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
  1. Kegiatan Inti
a.       Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
b.      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian resultan gaya.
c.       Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil tiga buah neraca pegas, sebuah beban yang bermassa 3 kg dan sebuah meja yang masih kokoh.
d.      Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen menentukan resultan gaya-gaya yang searah (Kegiatan 1.4 h.5) dan resultan gaya-gaya yang berlawanan arah (Kegiatan 1.5 h.6).
e.       Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
f.       Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
g.      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
h.      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
i.        Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
j.        Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan resultan gaya berbentuk sudut.
k.      Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan resultan gaya-gaya yang searah, berlawanan arah, dan berbentuk sudut yang disampaikan oleh guru.
l.        Guru memberikan beberapa soal menentukan resultan gaya-gaya yang searah, berlawanan arah, dan berbentuk sudut untuk dikerjakan oleh peserta didik.
m.    Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
n.      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai syarat terjadinya keseimbangan.
o.      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan contoh keadaan benda yang seimbang dalam kehidupan sehari-hari.
p.      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
q.      Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
  1. Kegiatan Penutup
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

E.     Sumber Belajar
  1. Buku IPA Fisika Jl.2  halaman 1-9  
  2. Buku referensi yang relevan 
  3. Alat dan bahan praktikum 
  4. Lingkungan

F.     Penilaian Hasil Belajar
  1. Teknik Penilaian:
a.       Tes tertulis
b.      Tes unjuk kerja        
  1. b. Bentuk Instrumen:
a.       PG
b.      Uji petik kerja produk
c.       Uraian
d.      Isian
  1. Contoh Instrumen:   
a.       Contoh tes PG
Berikut ini yang tidak termasuk gaya tak sentuh adalah ....
a. gaya gesek    c. gaya gravitasi  b. gaya magnet   d. gaya listrik
b.      Contoh tes isian      
Keadaan dimana dua gaya atau lebih bekerja pada sebuah benda, tetapi tidak mengakibatkan perubahan sifat gerak benda disebut ....         
c.       Contoh tes uraian
Dua orang siswa mendorong meja masing-masing dengan gaya 20 N ke kanan dan 15 N ke kiri. Tentukan resultan gaya yang bekerja pada meja.       





Mengetahui
Kepala Sekolah




________________________
…………………………, …………………..

Guru Mata Pelajaran




_______________________

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)  IPA FISIKA
MGMP SEKOLAH  SMP

Sekolah            : SMP N
Kelas                : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : IPA FISIKA

Standar Kompetensi
5.      Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
5.1    Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya, dan pengaruhnya pada    suatu benda yang dikenai gaya.
Indikator
Membedakan gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Mengukur gaya suatu benda.  Melukiskan penjumlahan gaya dan selisih gaya-gaya segaris baik yang searah maupun berlawanan. Mengidentifikasi syarat terjadinya keseimbangan.

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
  1. Menjelaskan pengertian gaya.
  2. Menyebutkan macam-macam gaya.
  3. Membedakan gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
  4. Menyebutkan beberapa contoh gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
  5. Mengamati perubahan yang ditimbulkan gaya.
  6. Menuliskan diagram vektor untuk menggambarkan gaya.
  7. Menjelaskan pengertian resultan gaya.
  8. Menentukan resultan gaya-gaya yang searah.
  9. Menentukan resultan gaya-gaya yang berlawanan arah.
  10. Menentukan resultan gaya berbentuk sudut.
  11. Menjelaskan pengertian keseimbangan.
  12. Menjelaskan syarat terjadinya keseimbangan.

B.     Materi Pembelajaran
Gaya

C.    Metode Pembelajaran
1.      Model        : Direct Instruction (DI)  dan  Cooperative Learning
2.      Metode      : Diskusi kelompok, Eksperimen. Observasi dan Ceramah

D.    Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA 
  1. Kegiatan Pendahuluan
a.       Motivasi dan Apersepsi:     
-       Sebutkan macam-macam gaya    
-       Dapatkah gaya diukur? Jika dapat, bagaimana cara mengukurnya?
b.      Prasyarat pengetahuan:    
-       Apakah yang dimaksud dengan gaya?    
-       Alat apakah yang digunakan untuk mengukur gaya?
c.       Pra eksperimen:    
-       Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
  1. Kegiatan Inti
a.       Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
b.      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gaya.
c.       Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan macam-macam gaya.
d.      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
e.       Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gaya sentuh dan gaya tak sentuh.
f.       Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
g.      Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
h.      Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah balon yang telah ditiup, sebuah gelang karet, dan sebuah bola.
i.        Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati perubahan yang ditimbulkan gaya (Kegiatan 1.1 h.2).
j.        Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
k.      Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l.        Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
m.    Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
n.      Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
o.      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara mengukur gaya dengan menggunakan neraca pegas.
p.      Peserta didik memperhatikan diagram vektor untuk menggambarkan gaya yang disampaikan oleh guru.
  1. Kegiatan Penutup
a.       Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yangh memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
b.      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
c.       Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA
  1. Kegiatan Pendahuluan
a.       Motivasi dan Apersepsi:
-       Bagaimana menentukan resultan gaya-gaya yang berlawanan arah?
b.      Prasyarat pengetahuan:
-       Apakah yang dimaksud dengan resultan gaya?
c.       Pra eksperimen:   
-       Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
  1. Kegiatan Inti
a.       Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
b.      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian resultan gaya.
c.       Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil tiga buah neraca pegas, sebuah beban yang bermassa 3 kg dan sebuah meja yang masih kokoh.
d.      Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen menentukan resultan gaya-gaya yang searah (Kegiatan 1.4 h.5) dan resultan gaya-gaya yang berlawanan arah (Kegiatan 1.5 h.6).
e.       Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
f.       Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
g.      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
h.      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
i.        Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
j.        Peserta didik memperhatikan penjelasan guru menentukan resultan gaya berbentuk sudut.
k.      Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan resultan gaya-gaya yang searah, berlawanan arah, dan berbentuk sudut yang disampaikan oleh guru.
l.        Guru memberikan beberapa soal menentukan resultan gaya-gaya yang searah, berlawanan arah, dan berbentuk sudut untuk dikerjakan oleh peserta didik.
m.    Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
n.      Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai syarat terjadinya keseimbangan.
o.      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan contoh keadaan benda yang seimbang dalam kehidupan sehari-hari.
p.      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
q.      Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
  1. Kegiatan Penutup
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

E.     Sumber Belajar
  1. Buku IPA Fisika Jl.2  halaman 1-9  
  2. Buku referensi yang relevan 
  3. Alat dan bahan praktikum 
  4. Lingkungan

F.     Penilaian Hasil Belajar
  1. Teknik Penilaian:
a.       Tes tertulis
b.      Tes unjuk kerja        
  1. b. Bentuk Instrumen:
a.       PG
b.      Uji petik kerja produk
c.       Uraian
d.      Isian
  1. Contoh Instrumen:   
a.       Contoh tes PG
Berikut ini yang tidak termasuk gaya tak sentuh adalah ....
a. gaya gesek    c. gaya gravitasi  b. gaya magnet   d. gaya listrik
b.      Contoh tes isian      
Keadaan dimana dua gaya atau lebih bekerja pada sebuah benda, tetapi tidak mengakibatkan perubahan sifat gerak benda disebut ....         
c.       Contoh tes uraian
Dua orang siswa mendorong meja masing-masing dengan gaya 20 N ke kanan dan 15 N ke kiri. Tentukan resultan gaya yang bekerja pada meja.       

Kamis, 09 Desember 2010

kegelisahan

pengen secepaty plg tp apa daya smua hrs aq tahan,,,demi kewajiban n tgasq,,,, tp sbtly,,aq pngen cpt mnyelsekan masalahq,,,,,, Ya Rab,,,,,,,bntu aq beri kekuatan,,,agr aq bs jlani smua cobaan yg Kau berika,,,,,
nelah hidupq,,,,kdng sneng tp kdng sedih,,,knp ya Allah, nekah sayangMu pdq,,,, aq mhon berikan aq jln terbaek...aq syang pdny,,,betrkhi cnta qmi,,,,beri qmi jln terbaekmu...... jika aq bs berbuat sesuatu aq ingin kau bhagia,,,tp knp kau ikt tngan ne,,, pa lom ckup iktn ygg aq rasa selama ne, hrskah aq berlari????? tp aq g bs,, aq g sanggp jlni tu smua,,, knp kaki ini terikat,,,??? mungkin ne krn aq sndr,, tp jk aq lps smua tu,,,,pa aq kuat n tega mlhat mrk hancur,,, hidup seperti pa ne,,,,, pa yang aq rasa hnya demimrk n saat   aq mrsa tukq sndri kini hanya semu lom pasti, shngga jk aq mo mlangkah rasanya jk mlangkah kdepan da krikil dhdapnq tp jk aq mlangkah kblakang aq justru tkut mnyakiti cintaq,,,, aq hrs gmn dng smua ne,,,, aq hanya berhrp ptunjukmu tuk temukan jln yg trbaekbut smua wlu aq hrs skt....asl mrk tak da yg skt.....

kenyataan hidup

akhirnya Kau beri qmi ptunjukmu.....yang harusnya qmi mengerti sejak dl,,, tp knp qmi g mnyadarinya,,,,mungkin qmi ja yg g mau tau ato gmn...
tp alhmdlillah smua dah terungkap tp ne smua msh loem slese krn mungkin qmi msh loem bs ikhas tp aq sll berusaha but menerima demi kebaekan smuanya,,,,,,skrang aq yakin mungkin nelah yang terbaek,,,,akn aq trima smuanya dengan ikhas krna aq yakin yg Kau berikan tulah yg terbaek n jujur aq jg mulai mnyukainya,,,, Ya Allah beri aq jlnmu berkahi kputusanq demi kebaekannya n kebaekan smua n aq yakin jg demi kebaekanq.... makasih tuhan dg segala kasih sayang n ujian yg Kau berikan.......

ibu,,,

bu,,,,ais merindukanmu,,,,
ais rindu belaianmu... ais rindu ksih syangmu...
ais pengen tidur dipangkuanmu,,,ditimangmu....dimanjakanmu,,,,ddendangkan lagu yang sering  kau nanyikan untukq...
ibu,,,,,,ais ingin sll lht senyum dwajah manismu yang sll menyejukkan hatiq,,,
takkan ais biarkan kau meneteskan air matamu,,, krn setetes air matau adl goresan yang akan menyakitiq,, n takkan ais biarkn cppun menyakitimu,,,,karna aq cinta ibu,,,,
ibu,,,tlong sampekan salam rinduku jg pd ayah krn ais jg merindukannya,,ais rindu dimanjanya,,,,, blang ma beliau jngan iri aq lbih sayang cp,,,krna bagi ais ais sangat sayang kalian krna kalianlh hidup ais,,,,,, ILOVEU AYAH IBUNDAQ tercinta,,, n KANDA AIS tersayang,,,,,,MIZZU,,,!!!!!!!!!!!!!!!!!

bunga,,,

berawal dari ilmu,,,, kini aq temukan dia di saat aq bener2 butuhkannya,,, makasih ya Allah, karuniamu yg indah ini akan aq jaga sll,,,, dan maafkan aq dulu aq berbuat salah n khilaf entah yg aq sengaja ato tidak,,,, trima kasih mas dah memberikan ksih dan cintamu pdq,,,, akan aq jaga kepercayaanmu pdaq,,, takkan pernah aq mengkhianatimu,,,,krna ktulusanmu aq jatuh padamu,,,,, tolong jaga htiku ini krn smua aq titipkan padamu.....

teman

aq rindukan kalian kapan bs reuni,,,????
aq pengen bercanda n bermain dgn kalian,,, tertawa,menangis bahagia bersama kalian tak aq rasa ternyata sekarang sudah berubah semua,,,, kalian sudah berkluarga,,, wlu kalian gak ingat padaq tp aq akan sll ingat kalian dalam keadaan papun karna buatq kenangan itu takkan pernah aq lupakan slamanya,,,, aq rindu kalian,,,,,

sahabat

met ultah y...
moga sll diberi yang terbaek,,,,,
dtambahkan sgala rizki dan nikmat dariNya,,,,,
dan ma'afkan aq g bs memberimu apapun dan hanya doa dan kasih sayangq sbg sahabat kau inginkan,dan insyAllah akan aq jaga persahabatan kita mpe kapanpun,,,dan aq akan berusaha tuk jd yang terbaek dan sll ada saat qm btuhkanq,,,,,aq akan sll rindukan dan sayang qm sahabatq.......